Akbar Tandjung Maju ke Pilpres

Rabu, 30 April 2008 | 00:42 WIB

Kediri, Kompas – Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2009.

Meski pesimistis, sebagai kader Golkar, ia tetap berharap partainya akan menggelar konvensi untuk menentukan calon yang akan diusung.

”Karena Golkar sudah melakukan konvensi pada tahun 2004 dan berlangsung dengan baik dan juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat, maka saya berharap yang sama akan dilakukan pada tahun 2009,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara silaturahmi dengan Pengurus Pondok Pesantren Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/4).

Meski demikian, Akbar pesimistis Partai Golkar akan membuka konvensi mengingat ada sinyalemen yang sangat kuat bahwa petinggi di partai itu tidak menghendaki konvensi.

Padahal, mantan Ketua MPR ini mengaku sangat siap jika pada konvensi ia harus bersaing dengan Wapres Jusuf Kalla yang saat ini Ketua Umum Partai Golkar.

Apabila ternyata Partai Golkar benar-benar tidak melakukan konvensi, Akbar menegaskan akan tetap maju dalam Pilpres 2009 melalui mekanisme lain.

”Niat baik saya maju dalam Pilpres 2009 tidak lain adalah untuk memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara sesuai dengan pengalaman yang dimiliki, pengalaman dalam bidang organisasi, politik, pemerintahan, dan legislatif,” katanya.

Akbar mengaku siap membuka peluang bergabung dengan partai mana saja, termasuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan partai lainnya yang memiliki kans besar dalam mengusung calon presiden dan wapres saat pilpres.

Menurut dia, pengalaman yang sudah dimiliki itu merupakan sebuah bekal yang cukup kuat untuk melanjutkan pengabdiannya kepada negara sebagai presiden atau wapres periode 2009-2014.

Untuk mendukung rencana pencalonannya dalam pilpres, Akbar telah membuka lembaga studi yang diberi nama Akbar Tandjung Institute. Lembaga itu bergerak di bidang kajian tentang politik, kenegaraan, dan masalah- masalah sosial.

Pada akhir kunjungannya, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam ini meminta dukungan masyarakat, termasuk organisasi LDII yang selama ini memiliki hubungan baik dengannya secara pribadi maupun sebagai kader Golkar. (NIK)

(disunting dari sumber KOMPAS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: