Muda-Mudi

Folks, Let’s Focus to LAILATUL QODR for a while!

I will be attempting a life of severely reduced net access during this time, as part of my own lesser version of i’tikaaf. I would say, “no net access”, except that I expect some errands to pop up during the course of the week.

I’m a little nervous. Not about leaving the internet – I’m not that bad (famous last words).

I have no excuse to mess up this Ramadan. I have no job, no spouse, no kids, no real responsibilities to distract me greatly, or tire me out.

It’s just me, my nafs… and my Creator.

And as I wrote on Facebook yesterday, I’d really like a break from my nafs.

If I fail this Ramadan… what does that say about me? “Loser” is not the word.

Please God, don’t let me fail. Don’t let any of us fail. They have excuses; I have none. Please ya Allah: make up for our inadequacies with Your Perfection. Allow us to reap the full benefits of Laylatul Qadr. Don’t let us be “Ramadan Muslims”. Let this be the beginning of the journey to You; not the end. Let us only get better and better. We are so far from being amongst your Awliyah, but if we don’t even pray for this status, how will we ever hope to achieve it?

Oh Allah you are the Forgiver. You love to forgive. Forgive us.

Ameen, ya Rabbul ‘Alameen.


yseBadgePref={s:1,t:1};

I won’t be answering comments till ‘Eid. May Allah bless you all, and grant you the best Ramadan ever. Ameen.

Tips Membina Rumah Tangga

Seorang temanku pernah bertanya “eh, kalo gw nikah tetapi dengan gaji gw yang cuma Rp. 1.000.000    bisa ga ya?”

hmmmm

Maka dari pertanyaan itu aku membuat survey asal, dan berikut adalah daftar pengeluaran standar bulanan setelah merit

Sekedar berbagi aja, buat temen2 yang mungkin juga mengalami ‘Matery after merit phobia syndhrome’

Daftar anggaran bulanan

(asumsi : disusun berdasarkan skala proritas, disusun dengan sangat2 relatif, dan berdasarkan basic needs standar menengah ke bawah)

1. Makan

Dengan asumsi sekali makan adalah 5000

Maka makan 3x sehari, kali 2 orang (karena sepiring berdua cuma ada dilagu aja), kali 30 hari adalah Rp. 900.000

Tips

Rajin2 ke kondangan atau sunatan, dan bawa pulang nasi kotaknya pasti lebih ngirit.

2. Kontrakan

Dengan asumsi masih ngontrak di rumah petak, yang punya udah botak, tapi masih galak, dan punya anjing belum jinak. Maka dana untuk kontrakan sekitar 500.000/bulan

Tips

Tinggallah di Pondok Mertua Indah, niscaya ke-2 dana di atas gak akan pernah ada, Di pondok mertua indah, anda akan bebas makan apa aja, termasuk ‘makan ati’ ^_^

3. Listrik dan Air

Dengan asumsi daya listrik 900 watt dan pake jetpam maka anggaran untuk listrik adalah 100.000/bulan

Tips

Jangan pake AC, cukup AC (Angin Cendela)

Jangan suka main Playstation kurangin nonton TV, kalo perlu informasi baca buku atau koran aja, ngirit duit tambah pengetahuan jugakan?

4. Transportasi

Dengan asumsi naik motor ke kantor, dengan motor yang paling irit rit rit, maka untuk ongkos bensin dan service adalah 100.000/bulan

Tips

Gunakanlah Bensin campur..!!! (maksudnya campur dorong, pasti lebih irit)

Atau ikutlah “Nebeng Fans Club”, dengan alasan mempererat silaturahmi dengan yang ditebengi maka perjalanan berangkat dan pulang kantor akan terasa lebih menyenangkan.

5. Komunikasi

Dengan asumsi pake CDMA yang 1000/menit maka untuk sebulan, ongkos komunikasi berdua adalah 100.000

Tips

Pakelah ‘FREN’ yang lebih murah (maksudnya kalo mau nelpon atau sms tinggal bilang “Freeen….minjem HP nya dong..minta pulsa yah…?”) dasar “CUMI” Cuma Minjem trus Minta.

6. Keperluan Sehari2

Seperti sabun, odol, syampu, dll dsb

Dengan asumsi tidak pake fesyel, krimbat, manikyur, pedikyur, kukyur2 maka alokasi dana untuk ini sebesar 50.000

Tips

Mandi kalo perlu saja, Kalo dulu 2 kali sehari, jadi 2 hari sekali, untuk ngirit odol kembalilah memakai tumbukan batu bata, he..he just kidding

7. Kesehatan

Seperti minyak kayu putih, vitamin, obat pusing (ini penting buat pengantin baru yang sering pusing wakakaka!!), maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar 50.000

Tips

Jaga kesehatan, Jangan begadang…kalo tiada artinya…begadang bole saja…asalkan sambil ronda (halah!!)

8. Entertaiment

Nha ini kalo ada uang lebih aja, bisalaah sekali2 nomat, liat live music, lari pagi di monas, atau makan martabak sekali2.

Jadii…

Dari asumsi basic needs diatas maka pengeluaran untuk tiap bulan adalah sebesar : 1.800.000/bulan

(syeeeett dah…masih gede juga ya)

Mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan temen2 ketika pengen menikah, untuk kemudian dibandingkan dengan pemasukan yang ada. Kalopun masih ‘besar pasak daripada tiang’ anda bisa memperkecil pasak, atau memperbesar tiang….ataauu..ga usah peke pasak, tapi di paku aja!!

Tapi ada 1 hal yang ga bisa dijelaskan dengan perhitungan ketika anda memutuskan untuk menikah

Yaitu, berkah menikah

Selalu, Tuhan akan mencukupi kebutuhan umatnya yang mau berusaha dan berdoa dan selalu bersukur dan percaya bahwa tuhanlah raja dari segala raja akuntuing…!!!

so, stop accounting, just do it! :))

(disunting dari LDII Serang)

Yang jelas dengan menikah, agama kita lebih terjaga, pahala sholat hamba yang sudah menikah lebih besar dibanding pahala seorang bujangan dan sudah banyak yang membuktikan dengan nikah, rizki akan lebih lancar, lebih kaya deh. Makenye Ayo MENIKAH…!!

60 Tanggapan

  1. setuju, yuuuk menikah, sama foto2 mudi2nya dunk amsol ditampilkan, kan bisa buat tukeran
    ajkk

  2. sekali – kali muda mudi anjangsana ke batam, ato mungkin mau ke singapore lewat batam. Di sana muda-mudi nya ayil lho.

    Sebantar lagi batam punya pondok internasional, Kalo sudah jadi pada datang mondok ya…………kan muridnya dari berbagai negara🙂

  3. Waahh……boleh nie anjangsana ma MM baTam…..

  4. assalamualaikum

    Met hari raya Qurban ya

    salam2 buat alumni BOE-DOET angkatan 2003 baek SMP, SMA maupun SMK.

    Maju terus MM dengan tri suksesnya🙂

  5. assalamualaykum..
    subhanallah jayid jiddan web na..
    sLam kNal dri ana fakhirah, wat’ akhwat jokam nya..eh”tapi wat smwa dehy..
    afwan..moe tnYa amsol bangedd niehy kLo moe tau sputar LDII ciputat dmna sechy…
    alhamdulillah jajakumullohu khoiro ats jwbn Na…

    wassalamualaykum wr wb

  6. assalamualaikum……
    met hari raya qurban ya….., salam kenal dari saya buat semuanya……. oia salam buat muda2i BEK-TIM ya… khususnya buat anak2 jatimulya……..

  7. Assalamualaikum

    Salam kenal buat Evi, Juga salam2 buat muda mudinya jatimulya.

    Btw krisis global harus lebih mujdhid2 ya, Secara dengan UMK batam yang hanya IDR 1,045,000, bagi MM yang bekrja di Btam Harus hemat ya.

  8. gimana ya kalo saya mau ngaji….. tks

  9. Insya Alloh mudah aja Mba Princes, tinggal dateng ke masjid yang paling dekat dengan tempat Anda, dan jelaskan maksud kedatangan anda. Semoga Alloh memberi kemudahan dan barokah, amin.

    • aslmualaikum..
      saya ingin mencari tempat ngaji di daerah harapan baru bekasi
      karna saya baru pindah dari bekasi tinur
      amsol di balas dan di berikan almat lengkap’y..
      aljzk

  10. Assalamualaikum WR.WB

    salam2 buat muda-i desa cikunir dari WB bektim.

    klo da program bwt muda-i sharing donk…….

  11. tetap semangat, jangan mudah putus asa, pasti alloh paring lancar dan barokah, trus fath bith bud luhr,
    jangan keluar dari jalanya orang iman krena siksa alloh lebih pedih.papun yang terjadi
    quran hadist yes musyrik no

  12. salam buat mas sto, mas tachrudin di bekasi
    dan salam buat muda-i bekasi yang caem2
    jangan banyak plgrya,
    banyak sekali mm nongkrong di mall saat acara?

  13. muda mudi bekasi ajangsana ke tangerang kota boleh ga ya???????????????? tanding bola, wani? sekalian lancarin mas2 mba2 yg udh kadaluwarsa..eh mksdnya nisob nikah gitu? atau ngaji keakraban unik atau adain semacam FORTA (Forum ta’aruf), salam2 ya. Ajkh

  14. Niati menikah hanya karena Alloh,,,yakin dengan Pertolongan Alloh..semata2 menggapai Ridho Alloh…sudah banyak gambaran oleh para ulama Kita…kadang2 ngak masuk akal…tapi terbukti,,,matematika 1 +1 pasti sama dengan 2 tapi klo soal rejeki….1+1 bisa =15 hehe…hayo yg belum menikah segara menikah,.,,,soal rejeki Alloh yg ngatur,,,,yakin itu,,,,Ajkh…rdgs lik

  15. Oke Bozzz!!
    Semakin SIAP NIKAH Nih Boz!!!
    Ajkk…….!

  16. Assalamualaikum..

    loh qo rame?? saya selama ini kemana ajaaa yuaaaaa hmmmmmmmmm…
    ada nikah-nikahnya getoh!! hahahahahahahaha…

    jazqal..

  17. Assalamualaykum..
    salam kenal dari ana fakhirah (Ciputat) to muda-mudi dsluruh tanah air..

    Alhamdulillah jazakumulloh khoiro

  18. asalkm.salam kenal sja ni dari agus p di seluruh N K R I

    ke semua teman 2 .alhamdulilah jazakumulohu hoiroh …………….dan mau naya ni dimana kalau mau lihat pengajin intrnet di luar negri.??????????aljkh

  19. alhamdulillah jaza kumullahu qhoiro, smuga apa yang di sampaikan bisa menggugah para jomblo2 dlm kalangan muda2i…dan semoga jadi lancar and barokah.!!!!salam2 untuk alumni klmpk taman kediri 2007 pompes kediri.assalamu alaikum

  20. ok juga tuh ….
    buat jokamers single usia > 30 & single parent
    yuk join di FONTI ~ forum nuansa hati

    http://www.facebook.com/home.php?ref=home#/group.php?gid=98628387428

  21. Assalamualaikum….

    Iseng-iseng tadi liat growing blogs today…
    Ngga’ sengaja nemu blog ini…

    Blognya bagus, informatif….

    Mempropagandakan cepet nikah…

    Tapi saia masih remaja telat puber…
    Hehe

    Kunjungi blog saia di :
    pemudamasakini.wordpress.com

    Ajzkh…

  22. salam untuk remaja Kelompok BBM Batam dari Dikky Nurdiansyah

  23. salam dari dikky nurdiansyah, jokam batam

  24. Askum wr.wb

    Thanks bngt atas sarannya???
    Aku sih pengen bngt nikah…….

    tapi masih pengen kerja dulu tuh gmn??? padahal dah disuruh2 nikah sih…..

  25. ASkum….

    gokil2 bngt smanya……

    pada pengen nikah…..

    salam bwt muda2 di stu??
    dari muda2 NTT (SoE)

    aljzkqr….

  26. Ayolah cepat menikah…

    kalo sendiri takut, Rame ramE aja, gimana????

    kebetulan aku jg blm…

    Kalau ada polisi cari aku, aku lagi di bekasi ya…

    BRAVO LDII….!!!!

  27. Bguss… tapi repost… udah pernah baca 2 tahun lalu dari temen… tapi Aljzkhr…. ” AYO NIKAH”

  28. sbnrY udah ada yg krm SL tp ortu blm ksh izin dgn alasn materi. pdhl kt dh sm2 krja wlwpn msh kntrk. gmn y crY ksh pengertian ke ortu. ibu udh ngaji tp ayah blm

  29. Ass.wr.wb
    Saya malta ady winata
    Saya tingal di Indonesia , jawa barat, Bekasi, desa perumnas, Kelompok 3
    Jl. Patuha utara II No.6 Rt 11/16 Bekasi selatan
    Thank`s ya dah nambah saya Bwt Mondok

  30. wuii… ky`y ue kene`an nieh… , jazkum… info`y

  31. Aslkm
    salam kenal para muda mudi
    saya ian dari tasikmlaya…..
    buat kalian yang mau repressing main mian donk ke tasik banyak tempat wisata yang seru tapi ngitir pengeluaran dompet….
    saya tunggu kedatangannya y………….
    Ajklhr

  32. mba-mba atopun mas-mas. kn bntar lagi mo hari raya Qurban, amsol sedekah untuk biaya kurbannya di perbanyak ya biar dapat pahala yang barokah. amiiiin.

  33. Pgnnya cpt 2 nikah cih biar agama kt trjaga tp klo lum alloh blm mengqodr kt brarti kt hrz ttp sabar atuh he..he..

  34. oyi2 lo udah nisab cptan aq bcah tulungagung bru tw jokam brusan biar ktingglan aq cma ngimutaken interet sprti pisau yg brmata 2 so bwt + POSITIVE aje oyi jazkum

  35. ahayyyyyyyyyyyyyy……….. Q cha mudi2 bengkulu…….
    lam kenal yach………

  36. ingin nikah, tp blm ada calon niih.., bisa join dg jokam rasanya menghibur hati, a.j.k..

  37. Bisa aja nih juragan……..
    yang pasti mas,mbak….siap nikah itu ga da hubungannya dengan materi… tanya deh menteri perjodohannya…

    kalo diniati perjuangan.. pasti ALLAH akan kasi jalan…..

    contohnya?……Buannyak boz……gaul dong

  38. nikah..????
    bagi yg sudah usia nikah…
    cepetan nikah….
    lebih cepaT lbih baeg…..
    hehehe………….

    slm kenal.. bt para jokamers dr sluruh indonesia….
    aquwh jokam dari sby utara…
    salam jugta bwt tmend2 quwh yg ad d kdiri timur 1…

    ajzkkh……………………………………

  39. Mecari Rizqi dengan MENIKAH,,,,dgn menikah mencari rizqi lbh bersemangat sebab ada TANGGUNG JAWAB,,,salam2 utk semua jmh di indonesia,,ajkh

  40. sangat bagus bagi muda-mudi zaman sekarang muadah-mudahan situs ini semakin banyak peminatnya ……………amin alhamdu lillahi jaza khumullohu khoiro

  41. masukan yg bgs especially buat ortu2 yg py anak usia nkh ga perlu alot2 pilih mantu

  42. asmulkum…..? frend2 jokam slm knal…..! boleh gak nich lahan2 snbentar…….! sory fren .? ane juga pgn merit tp stiap nglamar hrus istirjak trus gimana nich solusinya…………..?

  43. assalamualaikm blh gabung gak, nih dfi ^_^ ank bru gabung

  44. ldii membawa kedamaian

  45. betul… 3x…!!!
    s7 1x lw anjangsana k daerah laen tuk mmprlncar sunah rosul…

    semoga allah paring lancar & barokah…!!
    aljkh

    created : jokam balikpapan

  46. Assalamualaikum…

  47. assalamualaikum….

    maaf nih komen tak nyambung,,,

    hanya ingin bertanya kalo tempat sambung/ngaji yang ada di daerah kawasan industri Ejip Cikarang Bekasi dimana ya???? minta infonya donk,,,, saya kebetulan mahasiswa Bandung yg sedang magang disana dan kebingungan mencari tempat sambung

    tolong di jawab ya via email
    AJZK

  48. owh emailnya nie

    cioki.rizal@yahoo.com

    PENTING!!!

  49. assalamualaikum wrwb,saya mau tanya bisa gak saya gabung ngaji,tp saya belum bisa apa-apa trus tangan saya ada bekas tato kira-kira saya bisa ikut ngaji tidak,saya niat mau bertaubat,dan saya sudah berkeluarga yg punya anak 1 tapi istri saya gak setuju saya ikut ngaji di ldii

  50. Rata -rata org yg baru sebulan sampai 4bulan nikah itu pada nyesel betul pada nyuesel nyeselnya kenapa kok gak dr dulu -dulu nikah/ kawin nya gt.

  51. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Ijin, badhe nyuwun artikelipun..
    الحمد الله جزا كم الله خيرا

  52. Ngaji itu suatu panggilan / hidayah siapapun boleh coba ikuti kata hati pasti Allah sedang membimbung anda ke jalannya, LDII untuk yang mau mencari sorga karna hanya ngaji, ngamal membela agama toat dan budi luhur itu pekerjaan ahli sorga, insaallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: