LDII BUKAN ALIRAN SESAT

[RADAR CIREBON (Jum’at, 29 Februari 2008)]

CIREBON – Sebagaimana hasil Rakernas LDII 2007,organisasi kemasyarakatan berbasis keagamaan ini tidak mengkafirkan atau menajiskan seseorang, dan masjid yang dikelolanya terbuka untuk umum. Dalam LDII juga tidak ada keamiran dan mau diimami orang lain, dengan mengikuti ijtima’ ulama untuk melaksanakan taswiyah almanhaj dan tansiq alharoqoh. “Kami punya paradigma baru,” kata Ketua Wanhat DPD LDII Kota Cirebon, Drs H Mansyur MS, kemarin (26/2).

Maksudnya, diterapkannya metode berfikir dalam mentolerir adanya perbedaan, sepanjang masih dalam koridor faham keagamaan ahlussunnah waljamaah  dalam pengertian yang luas. Serta penyamaan metode gerakan dalam mensinkronisasi, mengoordinasi dan mensinergikan gerakan umat Islam di bawah paying MUI.

Bagaimana pandangan LDII adanya criteria alian sesat berdasarkan versi MUI 2007? Mansyur menilainya sangat bagus. Sebab, dengan adanya sepuluh criteria aliran sesat itu, kini orang tidak boleh lagi sembarangan menyebut sesat terhadap organisasi Islam terasuk LDII. Karena, kata dia, LDII itu tidak sesat. Justu sebaliknya, LDII mengajak kepada umat untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam berdasarkan Al-quran dan Hadis, sebagaimana ormas Islam pada umumnya. Karena, pihaknya yakin dengan ilmu dan amalan berdasarkan Alquran dan Hadis, serta diniati karena Allah SWT, maka termasuk sebagai ahli syurga.

Aliran sesat itu ada sepuluh criteria, yakni mengingkari salahsatu rukun iman dan rukun Islam, mengikuti akidah yang tidak sesuai dengan dalil syar’I, meyakini turunnya wahyu setelah Al-quran, mengingkari kebenaran Al-quran dan melakukan penafsiran Al-quran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir. Selanjutnya, mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam, menghina, melecehkan atau merendahkan para nabi dan rasul, mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir, mengubah, menambah atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syar’I dan mengkafirkan sesame muslim tanpa dalil syar’i. (san)

LDII New Era

LDII New Era

30 Tanggapan

  1. Banyak orang-orang yg masih melihat LDII sebelah mata, apapun yg dilakukan LDII selalu terlihat jelek, banyak sudah tenaga dan fikiran yg orang-orang ini keluarkan untuk menggoyang LDII dan akan selalu sibuk bagaimana menenggelamkan perahu orang lain sementara perahunya sendiri entah menuju kemana. Dan LDII, Insya Alloh akan selalu sabar dan fokus pada haluan dan perahunya sendiri, masih banyak hal yg lebih bermanfaat untuk diselesaikan.

    1. LDII sudah ada di Indonesia selama berpuluh-puluh tahun, dapat bertahan dan diterima oleh masyarakat, namun orang-orang itu kan terus mengatakan sesat. Yo monggo
    2. Warga LDII terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, ada penjual bakso, penjual mi, pegawai negeri, dosen, guru, anggota TNI, anggota Polisi, hakim, jaksa, dengan gelar Profesor, Doktor, Sarjana apalagi yang gak punya gelar, dapat diterma oleh banyak kalangan masyrakat termasuk para intelektual, namun orang-orang itu kan terus mengatakan sesat. Yo monggo
    3. LDII ada di seluruh Indonesia, bahkan sampai di luar negeri, seperti Australia, Singapura, Malaysia, Eropa, Jepang, dapat berkembang sampai di luar negeri. Semua Provinsi di Indonesia ada Kantor DPD LDII kecuali Prov. Timor Timur, namun orang-orang itu kan terus mengatakan sesat. Yo monggo
    4. Anggota LDII/warga LDII mencapai puluhan juta orang, dapat diikuti oleh sekaian banyak orang, namun orang-orang itu kan terus mengatakan sesat. Yo monggo
    5. Orang mengatakan LDII sesat karena sentimen pribadi, menunjukkan letak sesatnya atas dasar dengki dan permusuhan. Yo monggo
    6. Ukuran menilai ajaran Islam adalah Al Qur’a dan Al Hadits, bukan buku karangan si A, si B, atau si C, buku baiknya dicerna sebatas pustaka wawasan pengetahuan, namun landasan berfikir, bertutur, bertindak seorang muslim seharusnya tetaplah Qur’an dan Hadits. Ada contoh yg sangat disesalkan, tidak seharusnya terjadi, seorang tokoh di Riau menghukumi golongan islam lain sesat dg dasar buku karangan malah tersesat hingga berurusan dg hukum (2 tahun kurungan) dg dakwaan pencemaran nama baik, hasutan kebenciaan dan permusuhan.
    7. Kriteria yang dibuat oleh MUI juga tidak menyebutkan LDII sesat, bahkan LDII berada dalam koridor syariat Islam yang pas.
    8. Mari bebaskan hati kita, mari kita kerahkan fikran dan tenaga untuk membangun bangsa.
    9. Mari bersatulah Indonesia.

    Mohon maaf jika ada yg kurang berkenan, Terima kasih

    • الحمد لله جزا ك الله خيرا, atas pencerahannya disyukuri, semoga menjadi manfaat dan barokah. امين

  2. Kalau mereka masih bingung dan penasaran ikut saja ngaji bareng biar tahu mana yang tidak benar.

    • ya benar lh dengan mengaji kita bisa tahu mana yang benar dan mana yang salah ? karena nabi telah bersabda jika ingin pintar dalam masalah dunia carilah ilmunya ? dan jika ingin faham dalam urusan agama mengajilah karena didalam mengaji kita bisa tahu masalah tentang surga dan neraka,haram dan halal,mahrom atau bukan mahrom semuanya tentang ibadah bisa kita ketahui dari MENGAJI AL -QURAN DAN AL-HIADIST.sudah mengerti belum.

    • kerja.cape,jd lum siap ikut ngaji ditambah ga dapet dukungan masih nyiapin mental & butuh proses. ga mudah untuk aku…

  3. ldii itu islam yang benar dan sah dan juga tidak sesat seandainya sesat ALLOH sendiri yang akan menghancurkannya sepreti AHMADIYAH mereka itu sesat dan akhirnya ALLOH menghancurkannya.

  4. Aku orang LDII ,sebelumnya saya ngikuti aliran diluar LDII tapi tidak ada yang sesuai dgn Qur’an dan Hadits,sekarang saya mantap di LDiI 100%,semoga LDLL tetyp jaya

  5. aQ slama ngaji mulai pertengahan 2009 ini,, kayak nya gak pernah tuh ngalami hal2 yang aneh… semunya masih berpedoman pada Al-Qur’an Hadist koQ….

  6. untuk warga ldii di harapkan lebih berani menunjukan bahwa kalau ajaran ldii tidak sesat !

  7. klo membaca artikel2 diatas saya justru bingung kata orang luar ldii bahwa ldii sesat,disisih lain kata orang ldii diluar ldii itu sesat.dengan kata lain mereka semua sesat menyesatkan dong.kata saya sih wajarlah orang beda aliran dan jangan dpersoalkan masalah sholat atau apapun coba sebelum menjelekan orang lain apakah diri sendiri sudah baik?contoh orang mengkafirkan orang lain,apakah dirinya sudah iman menjalankan perintah alloh rosulnya?dan jangan marah klo orang bilang kita kafir klo kita gak pernah menjalankan perintah agama……………Gitu kok repottttttttttttttttt

  8. Dari beberapa organisasi/kepahaman/aliran Islam yang telah saya dalami, kesimpulan saya: LDII LAH YANG MEMBERIKAN BUKTI DI DALAM SEGALA HAL, BUKAN JANJI…..

  9. orang yg mengatakan LDII sesat hanya orang yg berbicara namun tidak berilmu,.ilmu hanya dari buku yg pengarangnya tidak berani bertanggung jawab hingga ajal menjemput,.

    • ibarat pepatah ” ta’kenal maka ta’ sayang……….sy sbg warga LDII yg sekarang hidup di perantauan menganggap bahwa LDII justru mengamalkan agama dgn sungguh tdk keluar dari REL al’qur’an & hadist, bahkan hampir semua dalil yg dipakai di LDII adalah dalil2 yg shohih…..maka sy jg bingung kalau ada yg mengatakan LDII sesat, kepada MUI tempat berkumpulnya para Ulama coba anda masuk dan pelajari dgn sungguh2 jgn katanya2 si A / katanya si B……fitnah2 yg dr dl smp skrg tdk pernah berubah “itu2 melulu”…..ingat apa yg anda dan kita perbuat didunia akan dipertanggung jawabkan di akhirat nanti…….

  10. Orang-orang yang mengatakan sesat itu harus nya ikut pengajian LDII dulu secara dekat guna membuktikan sendiri apakah benar ajaran ini sesat? Orang-orang yang mengatakan hal ini sesat kebanyakan karena “katanya,….katanya….” dan hanya melihat secara “setengah-setengah”…….saya termasuk “newcomer” dalam LDII ini, tetapi saya sudah sangat merasakan efek positifnya dan sadar bahwa selama ini yang saya kerjakan (diluar LDII) banyak yang tidak sesuai dengan Al-hadist (baik bid’ah maupun khianah). Semoga Allah terus menjaga keimanan dan hidayah pada hamba Nya yang masih labil ini……..amin……..

  11. yg benar adalah Orang yg beragama islam dan pedomannya Firman Alloh dan sabda Rasul, siapa saja yg berpedoman pada Firman Alloh dan sabda Rasul, dimana saja dia berada, kapan saja hidupnya pasti benar sesuai sabdanya,” taroktu fikum amroinii lantadhillu maa tamasaktum bihiima kitabillahi wasunnati nabi”, nah yg belum berpedoman pada dua hal tersebut , mumpung belum terlambat, mari kita cari , kita pelajari , kita amalkan.

  12. salamualaykum… sedih banget deh guru aku tiba–tiba bilang ldii sesat padahal aku yang udah ikut ngaji dr lama gak merasa kesesatan sedikitpun… sakit hati banget digituin… semoga Allah memberi kekuatan kepadku… ternyata kita harus sabar yah diginiin… semngt deh…. doain yah untuk uts ku coz aku masih sekolah di sma di cmbbs pandeglang…..
    wass makasih yah udah jd tempat curhatku.. jazza kummullohi khoiron katsiron

  13. saya tinggal di mekkah,saudi arabia,,
    bisakah anda memberitahu saya cabang LDII di mekkah?
    atas jawabannya terima kasih banyak,,
    wassalam

  14. jangan anda terjebak pada ” isu sesat ” yang pasti anda diperintah ALLOH menjaga anda sendiri dan keluarga dari api neraka , toh semua ini kehendak ALLOH. Banyaknya aliran agama islam di indonesia merupakan pilihan jadi pilih yang bisa menyelamatkan
    anda dan keluarga dari api neraka tentunya masuk surga ALLOH.

  15. semoga keteguhan iman selalu bersama orang orang mukmin…

  16. assalammualaikum wr.wb
    Bagi saya fitnah itu sudah biasa yang penting bagi saya tidak menfitnah orang lain.isu isu yag berkembang selalu yaitu itu itu saja ( masjid di pell bila disholati org lain,tidak mau diimami org lain, kalau kawin harus dengan org LDII sendiri dl ) Jujur saja betapa sulitnya bagi saya bila sholat harus di ldii saya setiap hari kerja sholat selalu di masjid yg tdk dikelola oleh ldii yaitu masjid MD & NU,Saya waktu haji di mekah dan medinah utk sholat diimami oleh org yang bukan LDII, Saya nikah juga bukan dgn org LDII tapi dengan NU ).Tapi alhamdullilah keluarga kami semua Istri ,mertua ,datuk sangat sayang dengan kami bahkan beliau mensupport kami selalu ngaji LDII Mereka juga mau mengaji karena kami selalu berusaha menerapkan hukum2 alquran dan alhadist secara murni tanpa bitah,kurofah,tahayul .Jadi isu isu sebenarnya tdk pas monggo saudara -saudaraku bukalah hati dan sama mengaji dengan kami insyaalloh memberikan barokah. amin

  17. assalamualaikum… in the name of Allah the most gracious and the most merciful… the truth is always be winner and for those who have not believed that this religion is true you will be a witness in hereafter… so we would like be known who is the true one..certainly the wrong one will be admitted to the hell.. be careful with what you are choosing ( religion )

  18. Semoga LDII selalu Jaya dan berkembang luas di Penjuru Dunia. Amin

  19. fitnah bgt yang bilang LDII sesat..ckck
    kalo gak tau gak usah nuduh2 lahhhh….. (-_-“)

  20. Orang yang tidak mengerti hukum dalam Al-Quran dan Al-hadist sama dengan HIMAR/KELEDAI yg membawa kitab dipunggungnya…alias punya kitab/pedoman tapi tidak ngerti apa isinya.. contoh paling mudah n simpel,org yg kagak ngaji mana ngerti tentang najis n suci..blm yg lain2nya…makanya bruuur ngaji ngaji ngaji n sekali lagi MENGAJI titik..jangan mengecap orang yg ngaji di LDII itu SESAT MENYESATKAN…sblm anda sendiri dapat membuktikan dimana letak SESAT NYA….KALAU ORG LDII ITU DG BERPEDOMAN KEPADA AL-QURAN DAN AL-HADIST ANDA ANGGAP SESAT…BERARTI ANDA MENGAMALKAN N MENGAJI SELAIN QURAN HADIST….APAKAH ANDA YG LAYAK DISEBUT SESAAAATTT..?????SADAR BRUUUR,MUMPUNG ALLOH KASIH ENTE UMUR…

  21. ALHAMDULILLAH SEKALI HIDUP DIDUNIA MENDAPAT PETUNJUK N HIDAYAH DARI ALLOH SWT…. MENETAPI MENGAJI QURAN N HADIST DI LDII MERUPAKAN NIKMAT ALLOH YG SANGAT LUAR BIASA ….. BUKAN YANG LAAEEENN…

  22. Ass.wr wb..
    Bersyukurlah kepada Alloh bahwa sekali hidup didunia mendapat kenikmatan yg sangat pol yaitu HIDAYAH PETUNJUK QURAN HADIST.. Smg saudara2, teman2 serta orang2 yang ada disekeliling kita juga mendapat HIDAYAH ALLOH SWT,, shg tidak ada lagi iri dengki yg menghujat bahwa mengaji di LDII itu sesat menyesatkan.

  23. ldii selalu ada di hati ku siapapun yang menghina ldii semoga terbuka lebar hati nya untuk bisa lebih sopan faham akan semua tutur kata yang yang di lontarkan itu. semua akan terbukti nanti di akhirat . allah maha segalanya hanya dialah yang tau akan kebenaran.

  24. yang masih membuat fitnah dengan LDII mari berperang dengan saya

  25. sebenarnya mereka hanya malu untuk memulai mengaji…itu aja, innallaha maasobirin, semoga Allah paring manfaat dan barookah

  26. Alhamdulillah Jazakumlloh Khairo……Benar sesuatu itu yang belum tahu itu harus dicari biar tahu ….Oh ternyata yang dikaji itu adalah Al Qur’an dan Hadist, sudah nggak bisa ditawar lagi. Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT dan Al Hadist disuri tauladankan oleh Rosul Allah Muhammad SAW, ya Uwis jalankan saja printah Allah SWT dan sunnahnya Nabi Muhammad SAW niscaya Insya Allah selamat sampai tujuan yaitu Akhirat. Apa ini yang dinamakan Sesat………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: